Untuk kali ini kita akan membahas tentang apa saja fitur-fitur yang ada di mobil CBU CAR/Premium car.Pastinya banyak yang akan kitab bahas,kenapa ?

Karena pasti dibalik mahalnya mobil CBU CAR/Premium Car pasti banyak ditanam fitur-fitur yang canggih,tidak hanya eksterior yang gahar namun mereka juga menanamkan sistem-sistem canggih yang ditanamkan didalam interiornya. Didalam mobil CBU CAR/Premium car kita akan dimanjakan dengan fitur-fiturnya,kita akan dimanjakan dan dibuat senyaman mungkin didalam mobil. Untuk itu kita akan membahas salah satu mobil premium car yang sering kami tangani dibengkel RCA MY CAR  kami. Salah satu mobil Premium itu adalah mobil dari perusahaan  Jaguar Land Rover.Karena kami dari RCA MY CAR sering menangani mobil keluaran Jaguar Land Rover.

Untuk itu kita akan lebih membahas lebih spesifikasi ke jenis mobil SUV yang diproduksi oleh Land Rover yaitu Range Rover Evoque.

Range rover evoque adalah pionir sport SUV kompak luxury didunia yang telah terjual .

Mobil mewah ini juga hadir dengan Premium Transverse Architecture terbaru milik Land Rover. Mari langsung kita kupas semua fitur yang telah tertanam didalam mobil Range rover Evoque ini.

Fitur Unggulan

-Fitur ClearSight Ground View disematkan sebagai realisasi konsep kap mesin transparan Land Rover yang sempat hadir pada konsep Discovery Vision.

Fitur tersebut diwujudkan dengan penempatan kamera di grille depan dan di spion pintu yang memproyeksikan tampilan ke layar utama. Melalui kamera ini, pengemudi dapat melihat apa yang ada di depan dan bawah bagian depan mobil dengan tampilan virtual 180 derajat. Melalui kamera ini, pengemudi dapat melihat apa yang ada di depan dan bawah bagian depan mobil dengan tampilan virtual 180 derajat.

Di bagian dalam, kaca spion pintar dapat berubah menjadi layar video HD hanya dengan satu sentuhan tombol. Melalui fitur ini, pengemudi dapat melihat bagian belakang kendaraan tanpa terhalang penumpang atau barang besar di kabin bagian belakang.

Selain itu, fitur ini juga memberikan sudut penglihatan 50 derajat lebih luas berkat kamera yang berada di atas jendela belakang. Hebatnya, dalam kondisi pencahayaan yang rendah, kamera ini tetap memberikan visibilitas yang jelas.

-Sistem infotainment Touch Pro Duo Land Rover menjadi pusat pengendali digital di dalam kabin. Sistem ini menggabungkan dua layar sentuh HD berukuran 10 inci serta layar panel instrumen berukuran 12,3 inci di balik kemudi. Di kaca depan juga dilengkapi head-up display berwarna.

-Dudukan tablet Click & Go dengan kemampuan pengisian daya, hotspot WiFi 4G yang dapat tersambung hingga delapan perangkat, serta enam slot USB terletak di kabin bagian depan juga belakang sudah tersedia di mobil ini.

-Selain itu, sistem hiburan dilengkapi fitur Meridian Sound System (380W), Meridian Surround Sound System (825W), Portable Audio Interface, Bluetooth Audio, Phone Integration, Leather steering wheel with Atlas bezel, serta Land Rover Sound System.

-Tak kalah penting, kemampuan melibas beragam medan jalan didapat berkat fitur Land Rover Terrain Response 2 yang menyuguhkan berbagai pengaturan pengendalian kendaraan.

-Fitur Wade Sensing yang mampu mendeteksi adanya genangan berketinggian hingga 600 mm di depan mobil juga dihadirkan sebagai fitur unggulan. Fitur pendukung lain, yakni All Terrain Progress Control (ATPC), Hill Descent Control (DSC), dan Low Traction Launch juga sudah disematkan.

Sebagai standar keamanan, sistem pengereman juga sudah menggunakan fitur Power-assisted Anti-lock Breaking System (ABS), Front and Rear Ventilated Discs, dan Emergency Brake Assist (EBA).

-Untuk fitur keselamatan, New Evoque dilengkapi fitur Power Operated Child Locks, Airbag pengemudi dan penumpang, EBD, EPB, RSC, DSC, ETC, High-speed Emergency Braking, Blind Spot Assist, dan Push Button Start/ Keyless Entry with Electronic Immobiliser. Kita jelaskan secara terperinci apa itu semua.

EBD adalah Electronic Brake-force Distribution.  EBD dalam Sistem Pengereman Selain Mencegah Roda Terkunci. Sistem pengereman Anti-lock Brake System (ABS) merupakan fitur keamanan yang mulai jamak ditemui pada mobilmobil keluaran terbaru. Namun EBD memiliki fungsi lain yakni sebagai pembagi tekanan pengereman agar merata ke masing-masing roda mobil. Tekanan ini disesuaikan kembali dengan daya yang bervariasi, tergantung kondisi beban tiap roda.

EPB adalah Electric parking brake atau rem parkir elektrik adalah sebuah rangkaian yang terdiri dari komponen mekanikal dan elektronika untuk difungsikan sebagai penahan kendaraan atau rem parkir. Sesuai namanya, rem parkir elektrik menggunakan sebuah saklar berupa tombol yang akan mengaktifkan fitur rem melalui satu sentuhan tombol.

RSC adalah Roll Stabilty Control adalah sebuah teknologi terkomputerisasi  yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan dari sisi pengendalian mobil dengan cara mendeteksi dan meminimalisir slip. Ketika kontrol ini mendeteksi adanya kehilangan kontrol pengendalian, maka dengan otomatis sistem ini akan membantu rem untuk mengendalikan mobil. Sistem pengereman langsung berjalan ke masing-masing roda, rem roda depan akan mencegah oversteer dan rem roda belakang mencegah understeer. Kadang, sistem ini juga mengurangi tenaga mesin sampai mobilnya terkontrol kembali.

DSC adalah Dynamic Stability Control (DSC) berfungsi untuk menstabilkan kendaraan agar kembali ke jalur lintasan yang seharusnya guna membantu pengemudi dalam mengendalikan kemudi selama manuver darurat.

ETC adalah Electronic Traction Control (ETC) Menggantikan peran differential lock. Pada prinsipnya menjaga agar keempat roda tetap menapak di segala medan. Contohnya saat mendaki bukit dengan trek kering plus kerikil, satu saat ada kemungkinan ban memutar di tempat.
Kalau ETC diaktifkan, sensor mengalihkan konsentrasi traksi ke ban yang menjejak mantap. Sementara yang spin dikurangi sehingga mobil tetap melaju.

High-speed Emergency Braking adalah adalah teknologi keselamatan kendaraan yang berpotensi mencegah tabrakan atau mengurangi dampak kecepatan tabrakan. Verison ini biasanya menggunakan radar jarak jauh untuk memindai lebih jauh di depan kendaraan (hingga 200 meter) pada kecepatan yang lebih tinggi

AEB dapat:Peringatkan pengemudi terhadap kecelakaan yang akan segera terjadi dan bantu mereka menggunakan kapasitas pengereman mobil maksimum dan Terapkan rem secara mandiri dari pengemudi jika situasinya menjadi kritis.Penting untuk dicatat bahwa sistem AEB dirancang untuk mendukung pengemudi hanya dalam situasi darurat dan bahwa pengemudi tetap bertanggung jawab atas kendaraan setiap saat

Blind Spot Assist adalah teknologi radar untuk memantau area langsung di samping dan di belakang mobil. Ini memperingatkan pengemudi ketika mengganti jalur akan terlalu berbahaya. Push Button Start adalah starter/stop engine yang hanya menggunakan tombol sehingga lebih mudah dan aman . Electronic Immobiliser adalah merupakan system yang dapat mendeteksi atau mengenali kunci mobil .Jadi saat kunci mobil dimasukan kedalam kunci lubang kontak,namun tidak dikenali oleh sistem tersebut maka system otomatis menggagalkan proses yang dilakukan untuk menghidupkan mesin kendaraan. Akan tetapi saat kunci dimasukkan dan data atai chip telah dikenali maka mobil dapat dinyalakan dengan mudah.

-Kemudahan melibas segala medan juga disebabkan adanya fitur Hill Decent Control (HDC), Gradient Release Control (GRC), Hill Start Assist, Adaptive Cruise Control, 360° Parking Aid, Rear View Camera, dan 360° Surround Camera with ClearSight Ground View.

Hill Decent Control( HDC) ini adalah sebuah perangkat untuk kendaraan berjenis SUV agar bisa mendapatkan kapasistas offroad, terutama ketika melewati lintasan downhill demi mendapatkan tingkat keamanan yang maksimal,
Sistem kerja dari HDC sendiri adalah bekerja sama dengan Traction Control (TC), Anti-lock Braking.

System (ABS), serta wheel speed sensor yang bertugas untuk mengetahui kecepatan putar ban apakah sesuai dengan sudut turunan di tempat mobil berada.

Gradient Release Control (GRC) Dengan HDC diaktifkan, jika kendaraan berhenti di lereng menggunakan rem kaki, GRC akan menjadi aktif (kecuali dalam program Pasir respons terrain). Selama pendakian bukit ketika rem kaki dilepaskan, GRC akan secara otomatis menunda dan meneruskan pelepasan rem, untuk memungkinkan kendaraan bergerak dengan lancar. Saat menuruni bukit, penahan rem yang sama dan pelepasan bertahap digunakan untuk memberikan transisi yang mulus ke kontrol HDC. GRC beroperasi di gigi maju dan mundur dan tidak memerlukan intervensi pengemudi.

 

Hill Start Assist  adalah salah satu fitur keselamatan belakangan mulai banyak dijejalkan pada mobil kelas menengah (HSA). Dengan fitur ini mobil akan tertahan tidak mundur 2 hingga 3 detik sesaat berhenti di tanjakan.

Prinsip mekanisme fitur ini bekerja dengan terintegrasi dengan sistem pengereman. Di mana digunakan dua, sensor pertama membaca kondisi menanjak yang diidentifikasi dengan bagian depan mobil yang lebih tinggi dari bagian belakangnya.

Sensor inilah yang mengaktifkan rem sehingga laju mobil tertahan. Sementara sensor kedua berfungsi untuk membaca kecepatan putaran roda. Sensor ini memberikan info pada sistem pengereman untuk melepas rem secara otomatis.

 

Adaptive Cruise Control Fitur bernama ini menggunakan laser dan sensor-sensor lain termasuk untuk melakukan pengereman secara otomatis. Sistem dengan teknologi laser ini ditujukan untuk mendeteksi jarak dengan kendaraan lain yang berada di depan.

 

-Semua bagian yang dikontrol oleh computer,termasuk tekanan roda. Ini sering disebut TPMS, TPMS adalah kepanjangan dari Tire Pressure Monitoring System yang berguna untuk memonitor tekanan angin pada empat ban mobil anda dengan fungsi dasar yaitu untuk memberikan peringatan bagi pengemudi atau anda sebagai pemilik mobil terhadap ban jika terjadi hal-hal yang diluar dugaan seperti ban bocor, kempes, suhu ban, serta tekanan udara jika terlalu tinggi.

Keseluruhan fitur lengkap ini telah ditanamkan dalam mobil Range Rover Evoque.

Terimakasih dan sekian untuk pembahasan kami dar RCA MY CAR ,untuk keterangan lebih lanjut bisa langsung datang kebengkel kami di Jalan Gito Gati Gondanglegi, Rejodani 2, Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581. Atau bisa support kami di youtube kami @RASYID CAR , instagram @cbucar­_service [RcAmyCar CBU Yogyakarta].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kirim Pesan